Resep Sambal Ikan Asin dan Tips Memilih Ikan Asin

Bingung ingin masak apa hari ini? tak jarang seorang ibu bosan memasak karena makanannya jarang dimakan, entah itu karena anggota keluarga lainnya sibuk atau memilih makan diluar. Masakan dengan rasa asin, gurih, dan pedas pasti akan disukai oleh semua khususnya anggota keluarga. Salah satu makanan yang memiliki cita rasa tersebut adalah sambal ikan asin. Siapa si yang tidak suka sambal? Oleh karena itu, bisa jadi masakan ini yang akan meningkatkan selera makan anggota keluarga Anda.

Kali ini kami akan memberikan resep sambal ikan asin yang pedas dan gurih. Selain enak, sambal ikan asin juga bisa meningkatkan energi serta semangat karena rasanya yang pedas. Cara membuat sambal ikan asin ini juga terbilang cukup mudah. Anda perlu menyiapkan bahan-bahan berikut:

Bahan-Bahan Sambal Ikan Asin

Bahan yang harus dipersiapkan yaitu antara lain:

  1. Ikan Asin 200 gram
  2. Minyak Goreng
  3. Daun jeruk sebanyak 2 lembar

Sedangkan, bumbu halusnya terbuat dari:

  1. Bawang putih 3 siung
  2. Bawang merah 6 siung
  3. Cabe rawit 11 buah
  4. Cabe keriting 5 buah
  5. Garam secukupnya
  6. Gula secukupnya
  7. Bubuk kaldu ayam secukupnya

Cara Membuat Sambal Ikan Asin

Jangan lupa sebelum ikan asin diolah, cuci dulu ikan asin tersebut dengan air hingga bersih kemudian tiriskan. Jika ingin ikan asin lebih crispy, maka goreng terlebih dahulu ikan asin dalam minyak panas. Setelah itu siapkan bumbu sambalnya, haluskan bawang, cabai, dan gula. Kemudian panaskan minyak secukupnya di wajan atau teflon masak.

Tumis bumbu halus tadi dan tambahkan sedikit air hingga wangi, lalu masukkan daun jeruk untuk menambah aroma serta membuat rasa semakin lezat. Tambahkan gula, garam, serta kaldu bubuk secukupnya sesuai selera. Aduk hingga sambal matang atau berwarna agak gelap. Setelah itu, baru masukkan ikan asin yang sudah digoreng ke dalam sambal. Aduk hingga semuanya merata dan sedikit meresap ke ikan asin. Angkat jika sudah matang dan sajikan dengan nasi hangat.

Tips Memilih Ikan Asin tanpa Bahan Kimia

Proses pembuatan ikan asin sejatinya adalah untuk mengawetkan ikan agar lebih tahan lama, namun masih ada saja penjual atau produsen ikan asin yang menambahkan formalin agar ikan lebih tahan lama. Selain itu, pembeli juga biasanya lebih memilih ikan yang terlihat bersih dan putih. namun, ternyata ikan yang memiliki warna lebih bersih dan putih malah harus dicurigai karena ikan yang seperti itu biasanya sudah ditambah zat pemutih bahan kimia lainnya. oleh karena itu bagaimana sebaiknya memilih ikan asin yang dibuat tanpa bahan-bahan berbahaya tadi.

Aroma Ikan Asin

Untuk mengetahui apakah ikan asin itu bagus atau tidak adalah dengan mencium aromanya terlebih dahulu. Ikan asin yang memiliki aroma menyengat atau tidak sedap adalah ikan asin yang terbuat dari bahan-bahan kimia. Sebaliknya, ikan asin yang aromanya sedikit atau malah cenderung tidak beraroma biasanya sudah ditambahkan bahan kimia. Alasannya adalah bahan kimia akan menghilangkan aroma alami dari ikan asin.

Perhatikan Lalat yang Hinggap

Nah, salah satu ciri ini juga penting lho untuk mengetahui apakah ikan asin tersebut bagus atau tidak adalah dari lalat yang hinggap. Jika menemukan ikan asin yang jarang atau bahkan tidak dihinggapi lalat sedikit pun, maka bisa saja ikan tersebut sudah dicampur dengan bahan-bahan kimia, sehingga aromanya pun hilang dan lalat tidak suka untuk hinggap di ikan asin tersebut.

error: Content is protected !!